Tips Belajar Buat Kamu yang Gampang Lupa Tentang Materi yang Kamu Pelajari

Anime Girl Studying
Feature - Orang punya kemampuan dan daya tangkap yang beda-beda. Ada orang yang sangat pandai karena begitu tekun belajar, ada orang yang gak pernah belajar tapi bisa menguasai materi, ada juga orang yang belajar tekun tapi tetap tidak memahami materi. Begitu pula dengan daya ingat. Ada yang bisa mengingat sesuatu dalam waktu yang cukup lama, tapi ada juga yang punya daya ingat sangat singkat. Kenapa begitu?

Yang jelas, semua orang punya kemampuan intelektualitas. Hanya saja, tidak semuanya menemukan cara tepat untuk belajar. Yang perlu kita lakukan adalah mempunyai teknik dan metode yang pas supaya proses belajar kita tidak sia-sia.

Nah, artikel ini akan membahas tentang tips untuk kamu yang merasa sulit belajar. Terutama kamu yang gampang banget lupa tentang apa yang baru saja kamu pelajari. Seperti apa tipsnya?

Belajar bukan soal menghapal, tapi memahami

Anime Studying 
Jangan hanya menghafal. Karena itu hanya membuat kamu jadi orang pintar secara instan. Karena instan dalam memahami, maka akan instan juga dalam melupakan. Tidak penting kamu hafal definisi sesuatu dengan istilah dan bahasa dewa tapi tidak paham apa maksud rentetan kalimat keren itu. Baiknya, kamu baca perlahan, kemudian coba pahami apa maksudnya. Setelah itu, cobalah buat pengertian dengan kalimatmu sendiri dan bersumber dari sebenar-benarnya pemahamanmu. Proses pemahaman yang seperti pasti akan lebih tahan lama.

Temukan intisari dari narasi panjang yang kamu pelajari
Cobalah buat kesimpulan atas apapun yang kamu baca. Akan lebih bagus lagi jika kamu membuat kesimpulan per paragraf. Ketika kamu bisa menyimpulkan, berarti kamu tidak asal membaca. Tapi kamu memahami apa yang kamu baca. Kesimpulanmu yang mungkin hanya singkat, akan membantumu untu mengingat isi paragraf secara utuh.

Highlight dan Catat hal-hal penting
Saat kamu baca buku, jika kamu malas mencatat, kamu bisa membuat highlight pada kalimat-kalimat penting. Ini akan membantumu untuk lebih fokus untuk memgingat bagian-bagian tertentu yang kamu anggap krusial. Nanti ketika kamu membuka tulisan itu lagi, kamu juga tidak perlu membacanya secara keseluruhan. Cukup membaca bagian yang kamu highlight aja. Tapi ingat, jangan warna yang alay dan menyilaukan.

Visualisasikan apa yang sedang kamu pelajari
 
 Anime Girl Studying 
Kamu akan lebih mudah untuk menangkap sebuah materi jika bisa memvisualisasikannya terdahap sesuatu yang biasa kamu lihat, kamu sentuh atau kamu alami. Contohnya, ketika kamu bertemu dengan banyak orang baru kemudian berkenalan. Apakah kamu bisa langsung menghafal namanya satu persatu? Tidak, kan? Tapi kamu mungkin ingat dengan wajahnya. Sehingga jika di suatu kesempatan kamu bertemmu lagi dengannya, kamu akan menyapanya walau tidak tahu namanya. Nah, itu menandakan, daya ingat kita ini lebih mudah menangkap sesuatu yang visual.

Belajar tentang hal yang kamu sukai
Belajar memang tidak boleh pilih-pilih. Tapi mempelajari sesuatu yang kamu sukai  pasti akan lebih terasa mudah. Jadi, cobalah menyukai apa yang sedang kamu pelajari. Jangan anti, apalagi benci. Karena kalau sudah anti duluan, kamu akan malas untuk mempelajarinya, apalagi mengingatnya.

Jangan merasa tertekan
 Anime Girl Studying
Jangan merasa terpaksa untuk belajar. Jika memang kamu sedang lelah, beristirahatlah. Jika sedang penat, refreshing lah. Intinya, kamu harus belajar saat situasi hati sedang bisa diajak belajar. Kalau sudah enjoy, pikiran kan lebih terbuka untuk menangkapnya.

Jauhkan gadget jika ingin serius belajar
Ngaku deh apa yang paling sering membuatmu gagal fokus? Pasti gadget kan? Lagi belajar, tiba-tiba bbm bunyi, pacar telfon, ada sms atau tangan terasa gatel pengen kepo status-status orang. Akhirnya, belajar yang harusnya dua jam, jadi hanya sepuluh menit karena sisanya untuk main-main gadget. Jadi saran saya, saat kamu belajar, jauhkanlah diri dari gangguan gadget. Kalau perlu  matikan atau letakkan di tempat yang jauh dari posisimu.

Jangan ngoyo, kamu butuh istirahat

Anime Girl Studying
Banyak yang belajar menjelang ujian saja dengan sistem kebut semalam. Materi yang bejibun, harus dilahap dalam waktu yang sekejab. Iya sih, mungkin kamu akan sukses dalam ujianmu esok hari. Kamu bisa hafal materi yang kamu baca semalam tadi. Tapi apa iya ingatan itu akan bertahan lama? Saya yakin, tidak. Makanya, jangan terlalu ngoyo. Belajar perlahan, jika lelah istirahat. Kemudian lanjut lagi ketika tubuh dan pikiran sudah siap menerima materi lagi.

Jangan malas untuk melakukan pengulangan
Orang bisa karena biasa. Makanya, jangan putus asa. Teruslah belajar, lakukan pengulangan. Kalau pagi ini masih tidak paham, coba ulangi lagi siang nanti. Terus seperti itu. Karena pada dasarnya, semua orang punya kemampuan intelegensia, hanya saja, tidak semua orang bisa tekun untuk mengasahnya.

Selamatt belajar 😀


Sumber
Comments
0 Comments