GAME YANG ADA UNSUR INDONESIANYA PART 1



News - Ada kebanggaan tersendiri kalau tanah air tercinta kita diabadikan oleh orang dari negara lain. Entah itu jadi nama jalan, bagian dari film, atau lainnya.

Kali ini HAI mau ngasih tau kalau ada 5 game yang punya unsur Indonesia. Penasaran? Cek nih ya.

1 Far Cry 3


Latar belakang dari Far Cry 3 bertempat di sebuah kepulauan yang terletak di daerah selat Malaka, diantara samudera Hindia dan samudera Pasifik. Walaupun tidak dikatakan secara langsung, namun bagi gamers yang pada saat sekolah memerhatikan pelajaran Geografi pastinya mengerti bahwa tempat yang dimaksud adalah Indonesia. ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa Far Cry 3 berlokasi di Indonesia. Seperti binatang yang cukup khas dari Indonesia, kasuari, komodo, dan lainnya. Diceritakan bahwa Jason bersama kakaknya Grant dan teman-temannya sedang berlibur ke Bangkok lalu memutuskan untuk pergi terjun bebas. Namun yang tidak disangka oleh mereka, ternyata perjalanan mereka telah "diatur". Jason dan kawan-kawan justru diterjunkan ke sebuah pulau terpencil yang dikuasai oleh sekelompok bajak laut. Jason dan kawan-kawan pun ditangkap dan dijadikan tawanan untuk kemudia dijual sebagai budak.


Dengan bantuan kakaknya, Jason berhasil kabur dan bertemu dengan penduduk setempat yang dikenal denga sebutan "Rakyat". Jason pun dipertemukan dengan seorang pemuka agama Rakyat, Citra yang juga merupakan pemimpin perjuangan Rakyat melawan para bajak laut. Jason pun diberikan sebuah tato sebagai tanda "pejuang". Jason pun akhirnya menjadi "simbol perjuangan" Rakyat dan ia pun berusaha untuk menyelamatkan kawan-kawannya dari para bajak laut.




2 Uncharted: Drake’s Fortune


Uniknya, dalam Uncharted: Drake's Fortune terdapat beberapa dialog berbahasa Indonesia. Namun tentunya yang paling terkenal adalah dialog antara Drake dan penjaga pintu dari markas bajak laut, serta umpatan dari Eddy Raja yang terkenal.



Memang, bahasa Indonesia yang ditampilkan mungkin akan terdengar sedikit "aneh". Namun kita patut berbangga karena Naughty Dog, pengembang game Uncharted, mengatakan bahwa mereka sampai mempelajari bahasa Indonesia รข€“ bukan Melayu, seperti yang dikatakan oleh beberapa sumber- untuk mengembangkan game ini agar terlihat realistis. Walaupun mungkin bagi gamers Indonesia, dialog yang ditampilkan kurang "natural", namun usaha Naughty Dog tentunya patut diacungi jempol.

3 Front Mission 3


Dalam game Front Mission 3 yang mengambil setting di Asia Tenggara, kalian bisa melihat Indonesia. Ada juga misi yang berlatar di pulau Sumatra lho. Beberapa nama di game ini, seperti Hatta Mirza dan Linny Barilar, juga Indonesia banget.



Di game ini terdapat 2 skenario,yang salah satunya kita akan bisa memilih misi untuk ke sumatera,dan ini menceritakan sebuah masalah yang akhirnya membawa masalah kepada pihak Barilar Corporation.Perusahaan ini adalah bidang pertanian yang di develp oleh Methane Wanzer dan berlokasi di wilayah Sulawesi.Linny Barilar adalah penerus perusahaan ini yang nantinya bergabung dengan tokoh utama di game ini yaitu Kazuki untuk memperkenalkan kehebatan Methane Wanzer kepada dunia.Peran Linny pun di gamenya hampir tidak ada,tetapi dalam suatu event akan di jelaskan perjalanan heroiknya di tanah air bersama kazuki.Ada juga karakter bisa yang hanya di temukan di suatu misi di pulau Sumatera yaitu Hatta Mirza seorang anggota gerilya di Sumatera.Selain di Front Mission 3 di Front Mission 2 juga pernah ada Indonesia yaitu sebagai wilayah juga yaitu saat di suatu event pertempuran robot militer wanzer meluas dari Tokyo hingga Kalimantan dengan wanzer yang berteknologi bioetano

4 Splinter Cell: Pandora Tomorrow 


Gamers Indonesia patut berbangga, karena dalam game Splinter Cell: Pandora Tomorrow, latar belakang cerita mengambil tempat di Indonesia. Sam Fisher diperintahkan untuk melawan kelompok separatis "Darah Dan Doa" yang dipimpin oleh Suhadi Sadono. Splinter Cell: Pandora Tommorow, sama seperti Front Mission 3, merupakan game dengan referensi tentang Indonesia terbanyak. Bagaimana tidak? Gamers diajak keliling Indonesia, mulai dari Pulau Komodo, Dili hingga Jakarta


Suhadi Sadono diceritakan sebagai seorang pemimpin yang karismatik. Sadono telah mendapatkan pelatihan dari CIA dalam upaya mengusir pengaruh Komunisme di Timor Timur. Namun Sadono merasa dikhianati oleh Amerika Serikat setelah pemerintah AS menarik dukungannya dari Indonesia dan justru memihak gerakan separatis Timor Timur. Oleh karena itu, Sadono memimpin kudeta terhadap kependudukan Amerika Serikat di Timor Timur.


Pengaruh Sadono tidak hanya di Timor Timur, namun juga sudah mendunia. Sadono mengajak seluruh dunia untuk bersatu melawan Amerika Serikat. Walaupun begitu, tentu saja upayanya gagal karena Sam Fisher berhasil menghentikannya dan Sadono pun diserahkan kepada CIA untuk disidang.

Update : 

Dalam seri ini kata2 yang sering dugunakan adalah “DARAH DAN DOA” (tulisannya bner2 kayak gitu bro dilayar TV)
Waktu kalian menyergap musuh dengan tangan kosong maka musuh sempat mengeluarkan suara “Tolong…/Tolong aku…/Lepaskan aku…” atau saat musuh mengetahui keberadaanmu “Siapa/disini aman”(yang jadi VA-nya siapa ya…???)
Suhadi Sadono yang menjadi FINAL BOSS ternyata lahir di Cirebon (brarti biso ngomong JOWO yo…hahahaha)
Waktu Scene/Iklan yang memperlihatkan Presiden Indonesia sedang bekerja sama dengan Presiden Amerika, wajah/muka presiden Indonesia mirip banget kayak SBY (hahahha, gk tahu apa mungkin bner2 SBY yang jadi model characternya ^_^)
Pulau/Kota Indonesia yang menjadi Stage-nya antara lain Pulau Komodo, Jakarta, Kundang (tapi emang semua latar, bner2 mirip sama tempatnya, misal jakarta mempunyai bangunan yang tinggi karena ibukota, dan hal itu berbeda sekali dengan Pulau Komodo yang hanya dipenuhi hutan saja)

5 Just Cause 2


Di game ini ada pulau Panau yang berada di lautan Asia Tenggara. Meski nggak jelas tepatnya berada di Malaysia atau Indonesia, nama-nama di game juga cukup familiar seperti Bachtiar Saleh, Tunko Bin Hitam, dan Bolo Santosi.

Kalau game ini emang ane udah main sendiri gan , jadi disitu ada geng geng gitu , salah satu nama gengnya ada geng "Ular Boys"
terus juga ada kendaraan yang mirip bajaj gan


6 Civilization V Brave New World


Salah satu game Turn-Based Stategi legendaris. Disini terdapat Gajah Mada yang memimpin Indonesia (Majapahit) dengan pasukan spesial kris swordman dan bangunan candi, juga ada borobudur sebagai wondernya.
Kota yang dibangun nantinya mempunyai nama seperti kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Medan, dll.

7 Empire Total War



Didalam game namanya bukan indonesia, tapi East Indies

8 Rise of Nations


Nih gan Rise of Nations campaignnya ada map Indonesianya loh

9 Pocket Plane


Pocket Plane juga ada peta Indonesianya. Ada Jakarta sama Padangnya

10 Atlantica Online


Selain peta indonesia ada character Nyi Roro Kidul / Queem kalau nama globalnya
Dulu chara ini spesial server indonesia karena yang bikin gm indonesia, tapi sekarang dipakai di seluruh server dunia. Dan menjadi salah satu chara favorite yg dipakai dalam turnamen cmiiw

Credit: KotakGame, Kaskus, Hai-Online
Comments
0 Comments